Kamis, 09 Mei 2013

WACANA

BAHAYA FAST FOOD/JUNK FOOD BAGI KESEHATAN


Perubahan pola dan gaya hidup manusia saat ini dapat dibilang buruk.  Buktinya saja banyak sekali yang sudah mengerti akan hal itu, namun masih saja pola dan gaya hidup mereka sudah tidak memikirkan kesehatan lagi.
Contohnya saja dari pola makan kita sehari-hari tentunya kita terkadang masih memilah-milah makanan yang dibilang instant atau praktis, enak dimakan dan mengenyangkan perut. Namun dalam pola pikir dan gaya hidup ini harusnya diperbaiki, karena tanpa kita sadari dari makanan pun kita bisa menjadi tidak sehat. Belum lagi adanya makanan cepat saji yang sudah dikenal dan disukai oleh banyak orang.
 Tentunya makanan cepat saji atau yang biasa disebut sebagai Fast Food/ Junk Food merupakan makanan yang paling disukai oleh semua orang di Dunia, karena daerah asal dari Fast Food ini adalah Eropa. Selain makanan itu cepat disajikan, kita juga tidak perlu repot untuk memasak. Biasanya orang yang memakan cepat saji ini adalah pekerja kantoran, bahkan anak-anak remaja pun suka makan makanan cepat saji. Mungkin bisa dibilang agar lebih menghemat waktu dan tentunya juga terjangkau.
Contoh makanan yang biasa disebut Fast Food/Junk Food yaitu: hamburger, kentang goreng (French Fries), Hot Dog, Chicken Nugget, makanan kaleng, mie instant, snack atau makanan ringan yang mengandung MSG, dan masih banyak lagi.
Makanan cepat saji atau Fast Food ini tidak baik untuk kesehatan jika dimakan secara terus-menerus, karena selain tidak baik baik untuk kesehatan di dalam makanan fast food tidak mengandung nilai gizi sama sekali. Di dalam makanan cepat saji ini juga mengandung zat pengawet atau zat adiktif yang membuat kita ketagihan juga. 
Bahaya akibat makan Fast Food/Junk Food adalah mudah terkena penyakit, kerusakkan hati dan ginjal, penyakit jantung, kolesterol tinggi, menurunnya daya ingat, kanker, obesitas/kegemukan, kerusakkan sel dan otak,  kekurangan gizi, dan masih banyak lagi. Itulah beberapa contoh bahaya jika kita makan Fast Food/Junk Food. Sebetulnya ini bukan berarti kita dilarang untuk makan makanan tersebut, kita boleh makan makanan tersebut, namun juga jangan dijadikan makan makanan utama yang dimakan setiap hari, jadi sebaiknya hindarilah atau setidaknya kurangilah makanan fast food sejak dini. Karena tanpa kita sadari maraknya fast food selain memberikan keuntungan juga memberikan banyak kerugian untuk kesehatan. -(Asri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar